4 Obat Diabetes Kencing Manis!

Kencing manis ialah nama dari salah satu penyakit yang cukup kronis, sebab penyakit ini bila sudah terjadi akan berlangsung lama. terjadinya penyakit kencing manis bisa menyebabkan beberapa organ tubuh berfungsi secara berlebihan atau menambah beban tubuh dan juga akan ada penurunan beberapa organ tubuh.

Kedua hal tersebut di akibatkan oleh jumlah energi pada tubuh yang hanya sedikit, jumlah energi bisa sangat sedikit karena di saat hormon insulin yang dihasilkan oleh tubuh pun juga sangat sedikit. sedangkan fungsi insulin sendiri yang bisa mengontrol glukosa dan juga mengubahnya menjadi energi.

Oleh karena faktor utama dari penyakit kencing manis ialah produksi insulin yang sangat sedikit. yang memproduksi insulin ada pada bagian pankreas, dan kemungkinan besar jika insulin tidak dihasilkan dikarenakan oleh pankreas yang ada masalah. Padahal energi sangat dibutuhkan oleh seluruh tubuh agar bisa berfungsi dengan baik secara keseluruhan, oleh sebab itu kondisi ini bisa ada penurunan fungsi organ tubuh.

Untuk obat diabetes atau kencing manis anda dapat menggunakan tanaman alami yaitu:

1. Daun Pegagan

Daun pegagan atau yang biasa juga disebut daun kaki kuda atau daun antanan merupakan daun dengan berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga oleh masyarakat zaman dahulu sering dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun pegagan dapat digunakan untuk mengatasi diabetes karena:

  • Daun pegagan juga memiliki senyawa tanin yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes pada fase- fase awal.
  • Daun pegagan memiliki senyawa tertentu yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengatasi diabetes.

Jika Anda ingin menggunakan daun pegagan untuk obat tradisional diabetes, maka Anda tinggal merebus 3-4 helai daun pegagan, kemudian rebus ke dalam 2 gelas air. Setelah mendidih dan sari daun pegagan bercampur dengan air, maka Anda dapat mengkonsumsinya langsung sebanyak 2 kali sehari.

2. Tapak Dara

Tanaman tapak dara merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan memiliki ciri daun yang tebal serta bunga berwarna merah keunguan dan putih disetiap ujung atau ketiak daunnya. Bagian daun tanaman tapak dara akan sangat ampuh untuk mengatasi diabetes karena memiliki lebih dari 70 macam senyawa alkaloid yang akan bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk menggunakan tanaman tapak dara sebagai cara untuk mengatasi diabetes, caranya sangat mudah. Siapkan 15 helai daun tapak dara, kemudian rebus ke dalam 3 gelas air. Diamkan hingga air tersisa 1 gelas saja, dan setelah itu Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung sebanyak 2 kali sehari.

3. Kumis Kucing

Kumis kucing adalah tanaman yang memiliki ciri khas bunga yang berbentuk menyerupai kumis kucing, sehingga tidak heran jika namanya kumis kucing. Nah, tanaman ini akan sangat ampuh untuk mengatasi diabetes, karena:

  • Kumis kucing mengandung senyawa myoinotisol, minyak atsiri, serta saponin yang akan mengaktifkan sel beta pankreas sehingga akan selalu menjaga kesehatan kinerja pankreas untuk memproduksi insulin.
  • Kumis kucing juga mengandung sapofonin, kalium, atau sinensetin yang akan berperan sebagai anti- inflamasi untuk menyembuhkan luka dan peradangan yang tak kunjung sembuh akibat diabetes.

Cara menggunakan kumis kucing sebagai obat herbal diabetes sangat mudah. Anda cukup merebus 15 helai daun kumis kucing ke dalam takaran 2 gelas air. Setelah mendidih dan sari daun kumis kucing bercampur dengan air, maka Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung.

4. Daun Mangga

Selain buahnya yang memang sangat lezat untuk dikonsumsi, ternyata bagian daun dari tanaman mangga akan sangat bermanfaat dalam mengatasi diabetes karena:

  • Daun mangga memiliki senyawa tanin yang dapat mengobati diabetes pada fase- fase awal.
  • Daun mangga memiliki kandungan senyawa tarakserol – 3 beta dan etil asetat yang akan mempertahankan jumlah produksi hormon insulin, sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan terkontrol.

Menggunakan daun mangga sebagai obat diabetes alami sangat mudah. Anda cukup mempersiapkan 2- 3 helai daun mangga dan direndam pada secangkir air, kemudian diamkan selama 12 jam. Setelah itu, Anda dapat menyaring daun mangga dan mengkonsumsi ramuannya secara langsung setiap hari secara rutin.