Cara Mengobati Gula Kering

Penyakit gula atau sering juga disebut Diabetes adalah suatu kondisi di mana jumlah glukosa dalam darah Anda terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat menggunakannya dengan benar. Hal ini karena pankreas tidak memproduksi insulin, atau tidak cukup insulin, untuk membantu glukosa masuk ke sel-sel tubuh Anda – atau insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan benar (dikenal sebagai resistensi insulin).

Bagi seseorang yang memiliki kadar gula di atas normal tentu ini harus segera diatasi. Karena jika dibiarkan akan memicu penyakit-penyakit lain yang lebih serius seperti ginjal, saraf, mata dan yang lain. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan untuk menurunkan gula darah, antara lain:

– Rutin memeriksakan diri ke dokter. Selalu cek kondisi kadar dalam darah anda. Lakukan pemeriksaan cek darah paling tidak selama 6 bulan sekali.

– Jaga berat badan anda agar lebih ideal. Kegemukan bisa jadi faktor pencetus berbagai penyakit. Orang gemuk karena banyak glukosa yang tidak digunakan untuk aktivitas fisik sehingga menimbun jadi lemak. Jaga kondisi berat badan anda agar lebih ideal dengan cara berolahraga.

– Berolahraga secara teratur. Olahraga yang bisa memanfaatkan dan mengubah gula menjadi energi seperti fitness atau angkat beban, jalan kaki, jogging dan yang lain yang bisa membuat anda lebih bugar.

Penyakit gula pun bisa menyebabkan masa otot akan menurun, dan juga kehilangan berat badan yang begitu banyak bisa di sebabkan oleh ada nya penyakit gula di dalam tubuh. Memiliki tekanan darah tinggi walaupun tidak menderita penyakit gula pun bisa terjadi pada saat penyakit gula.

Dan selain penurunan berat badan, kondisi tubuh juga akan lemah dan lemas sehingga tidak bisa mengerjakan pekerjaan yang berat. Infeksi pada mulut, vaginan, infeksi saluran kemih atau pada kulit juga bisa sering dialami oleh penderita penyakit gula.

Maksud obat diabetes ini adalah menurunkan kadar glukosa penderita kencing manis, sehingga turun menjadi normal. Pengobatan ini juga bertujuan untuk mencegah kompikasi akibat penyakit kencing manis. Silahkan simak yang dibawah ini:

1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang berfungsi untuk kesehatan rambut. Selain untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk obat diabetes alami. Caranya mudah, hanya dengan merebus lidah buaya yang telah dicuci dan dibersihkan. Setelah itu kupas dan potong lidah buaya menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam wadah kemudian didihkan dengan air secukupnya, sisakan hingga sedikit kemudian ramuan siap untuk dikonsumsi.

2. Manggis

Manggis adalah buah berwarna merah tua berbentuk bulat dan memiliki rasa manis. Buah ini sangat enak dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang manis dan lezat, buah ini juga berguna sebagai obat diabetes alami. Bagian buah manggis yang memiliki khasiat terletak pada bagian kulit. Kulit manggis diproduksi dalam beberapa bentuk seperti kapsul, kaplet, dan pil.

Untuk hasil yang maksimal tanpa efek samping lebih baik anda mengkonsumsi kulit manggis yang asli tanpa bahan pengawet. Kandungan kulit manggis terdapat hipoglikemik yang berfungsi menurunkan kadar glukosa dalam darah.

3. Fenugreek

Fenugreek adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari asia terutama India. Di India tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan sebagai penyedap. Selain sebagai bumbu penyedap rasa masakan, fenugreek juga berkhasiat sebagai obat diabetes alami.

Fenugreek mampu mengontrol kadar gula dengan cara meningkatkan fungsi insulin dalam mengedarkan glukosa. Sehingga secara langsung dapat mengurangi resiko diabetes.

4. Daun mangga

Mangga hanya dikenal karena buahnya yang berwarna hijau dan manis rasanya. Keistimewaan mangga buah mangga adalah vitamin C dan beberapa vitamin lain yang menyehatkan. Mangga biasa dikonsumsi dengan cara dijus ataupun dimakan secara langsung.

Lain halnya dengan buah mangga, daun mangga hanya dikenal sebagai makanan untuk kambing dan sejenisnya. Ada manfaat lain dari daun mangga untuk manusia dan bukan hanya untuk makanan hewan. Daun mangga diketahui sebagai obat diabetes alami yang efektif.

Cara pengobatan tradisional ini sangat mudah hanya dengan merendam daun mangga dengan air secukupnya dalam waktu satu malam. Keesokan harinya ramuan dapat segera diminum. Cara ini dipercaya dapat meringankan penyakit diabetes.