Obat Alami Bagi Penderita Lupus

Obat Alami Bagi Penderita Lupus. Penyakit Lupus adalah peradangan kronis yang terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang organ dan jaringan tubuh. Peradangan yang disebabkan oleh Lupus dapat berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung dan paru-paru. Arti kata Lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi.

Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan, rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit Lupus ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh. Lupus lebih sering terjadi pada wanita, meskipun tidak jelas alasannya. Ada empat jenis Lupus, yaitu systemic lupus erythematosus, discoid lupus erythematosus, drug-induced lupus erythematosus dan neonatal lupus. Diantara semua jenis Lupus, systemic lupus erythematosus adalah yang paling umum dan paling serius.

Penyebab penyakit Lupus masih misterius di kalangan medis kecuali penyakit Lupus yang diakibatkan oleh obat lupus, karena penyakit ini masih belum bisa diketahui penyebabnya. Lupus bukanlah penyakit yang menular. Sampai saat ini penyakit Lupus masih menjadi perdebatan dikalangan medis dikarenakan penyakit Lupus ini memiliki kesamaan dengan beberapa gejala yang berhubungan dengan penyakit lain.

Penyakit Lupus adalah kebalikan dari penyakit HIV/AIDS, dimana penyakit ini kekurangan kekebalan tubuh atau bahkan tidak punya kekebalan tubuh. Memang sedikit aneh kedengarannya, kenapa orang yang mempunyai kekebalan tubuh berlebih bisa terjadi penyakit. Ini membuktikan bahwa semua yang ada di dalam tubuh kita ini harus seimbang keadaannya termasuk sistem kekebalan tubuh kita.

Dari ulasan pendek diatas bisa terjawab bahwa penyebab penyakit Lupus adalah karena kelebihan sistem kekebalan tubuh dimana seharusnya kekebalan tubuh menyerang virus atau penyakit yang ada didalam tubuh tapi disini kekebalan tubuh malah menyerang sistem organ yang ada di dalam tubuh seperti ginjal, paru-paru, jantung, hati, dll. Sampai saat ini para kalangan medis belum tahu pasti kenapa seseorang bisa mempunyai sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuh sendiri. Tapi dari beberapa kasus penderita Lupus, para ahli mengatakan penyebab penyakit Lupus adalah faktor komplek dari genetik, hormonal, lingkungan juga kesalahan dalam mengkonsumsi obat.

Tetapi jangan kawatir karena sudah ada obat alami bagi penderita lupus, yaitu seperti dibawah ini:

  1. Benih Lenan

Ramuan herbal dari benih lenan ini menunjukan efek yang sangat luar biasa pada penyakit lupus. Asam linolenat yang terkandung dalam biji rami dapat menurunkan peradangan kronis serta mengurangi gejala penyakit lupus SLE. Bukan hanya itu, Asam lemak omega 3 dalam minyak biji rami tampaknya mengurangi respon inflamasi tubuh terutama untuk penyakit lupus.

  1. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau dapat membantu dapat mencegah dari penyakit lupus. Hal ini karena teh hijau mengandung polyfenol yang merpakan senyawa antioksidan yang hebat. Senyawa antioksidan ini bertindak sebagai penjaga untuk sel – sel dan mencegah kematian sel yang sehat, yang diakibatkan oleh penyakit lupus SLE.

  1. Kunyit

Alasan mendasar mengapa kunyit bisa membantu dalam Lupus adalah bahwa Lupus adalah penyakit inflamasi dan Kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit memiliki anti-inflamasi, antioksidan dan sifat anti bakteri.

Manfaat kunyit sebagai agen anti-inflamasi telah dipelajari secara ekstensif. Rempah – rempah telah digunakan selama berabad – abad sebagai obat dan penelitian yang luas dilakukan dalam beberapa kali telah menemukan bahwa kurkumin – diferuloylmethane – adalah agen anti-inflamasi dalam kunyit.

Hal ini dapat mengatur faktor-faktor transkripsi banyak, molekul adhesi, protein kinase, enzim dan status redoks yang semua penyebab kondisi peradangan dalam tubuh. Oleh karena itu kurkumin tampaknya suplemen terapi menarik untuk digunakan dalam pengobatan penyakit kronis pro-inflamasi yang meliputi lupus, neurodegenerative, paru, jantung dan penyakit autoimun.