Obat Alami Penyakit Lupus

Lupus merupakan salah satu penyakit kulit yang biasanya menyerang para wanita. Penyakit ini menyerang kulit, awal dari penyakit lupus ini seperti mengalami alergi kulit biasa, makanya banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dia memiliki penyakit lupus. Lupus memiliki siklus gejala, gejala pertama adalah munculnya ruam pada kulit anda, ruam bisa terdapat dimana saja seperti wajah, leher, kulit kepala bahkan mulut. Gejala selanjutnya adalah adanya pembengkakan dana bengkak itu terasa nyeri.

Yang paling terakhir adalah adanya gejala infeksi pada paru-paru. Para penderita penyakit lupus, memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang beres dan terganggu. Sistem kekebalan tubuh ini merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi dalam bertempur melawan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit. Pada normalnya, sistem kekebalan tubuh manusia akan menghasilkan protein yang disebut antibodi yang melindungi dari serangan virus bakteri serta kuman. Namun bagi Anda penderita lupus tidak perlu khawatir karena ada cara pengobatan tradisional yang aman yaitu menggunakan tanaman obat lupus tradisional.

Tanaman obat tradisional banyak sekali macamnya dan manfaatnya salah satunya yaitu untuk menyembuhkan penyakit lupus. Pengobatan tradisional saat ini banyak dipilih karena selain murah juga tidak ada efek sampingnya. Yaitu seperti mengkonsumsi obat-obatan medis, obat tradisional cenderung memberikan manfaat selain untuk menyembuhkan penyakit nya juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa tanaman obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan lupus adalah kunyit dan teh hijau.

Kunyit yang merupakan salah satu bumbu dapur dan pewarna alami ini ternyata merupakan tanaman obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit lupus. Kunyit mengandung anti-inflammatory yang dapat menghilangkan ruam-ruam pada penderita lupus. Penderita lupus yang sudah semakin parah biasanya akan muncul ruam yang banyak dan bengkak, ruam ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit ini.

Mengkonsumsi teh hijau dapat membantu dapat mencegah dari penyakit lupus. Hal ini karena teh hijau mengandung polyfenol yang merpakan senyawa antioksidan yang hebat. Senyawa antioksidan ini bertindak sebagai penjaga untuk sel – sel dan mencegah kematian sel yang sehat, yang diakibatkan oleh penyakit lupus SLE. Selain dengan kunyit dan teh hijau ada juga dengan Licorice

Licorice adalah ramuan herbal yang populer memiliki banyak senyawa, termasuk sifat anti-inflamasi. Asam Glycyrrhetic (GA) dan triterpen glycyrrhizin ditemukan di akar licorice, ada dua komponen utama yang memberikan licorice sifat anti-inflamasi.

Glycyrrhizin menghambat produksi prostaglandin yang berguna utuk menghentikan peradangan yang berhubungan dengan lupus. Akar licorice dapat digunakan untuk mengontrol masalah yang terkait dengan lupus.

Penyebab lupus eritematosus sistemik banyak sekali, dan ilmuwan meyakini bahwa lupus terjadi sebagai respon terhadap kombinasi baik dari dalam maupun luar tubuh, termasuk hormon, genetik dan lingkungan. Berikut ini faktor penyebab Lupus Eritematosus Sistemik adalah :

– Penyakit virus.

– Demam dan kelelahan.

– Siar ultraviolet dari matahari.

– Sinar ultraviolet dari lampu neon.

– Infeksi juga dapat menjadi penyebab sakit lupus.

– Penicillin atau obat antibiotik lain seperti amoksisilin, ampisilin, kloksasilin.

– Hal lain yang bisa menyebabkan stres tubuh seperti pembedahan, kerusakan fisik, kehamilan atau melahirkan.

– Stres emosional, seperti perceraian, penyakit, kematian dalam keluarga atau masalah kehidupan lainnya. Hal ini juga dapat menjadi penyebab sakit lupus.

– Obat sulfa, yang membuat orang lebih sensitif terhadap matahari, seperti kotrimoksazole, sulfisoxazole, tolbutamide, sulfasalazine dan diuretik.

Penggunaan tanaman obat tradisional untuk penyembuhan lupus sebaiknya juga dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter profesional. Setiap penderita lupus mempunyai kadar dan tingkatan tersendiri.

Dengan berkonsultasi dengan dokter profesional diharapkan pengobatannya akan berjalan lancar dan penyakit lupus yang diderita akan cepat sembuh. Dianjurkan juga selain menggunakan obat tradisional juga menggunakan obat medis untuk mempercepat penyembuhan.