Obat Alami Sakit Lupus

Penyakit lupus adalah penyakit autoimun, yakni penyakit menyerang sistem kekebalan sampai rusak, lalu berbalik menyerang tubuh sendiri. Normalnya sistem kekebalan akan melindungi tubuh dari sera ngan virus, bakteri, dan benda berbahaya lain. Pada penderita lupus, sistem kekebalan tubuh ini justru menyerang balik si empunya karena kehilangan kemampuan untuk melihat perbedaan antara zat asing yang berbahaya bagi tubuh dan sel tubuh sendiri.

Gejala yang timbulkan dari penyakit lupus ini kerap mirip dengan penyakit kulit pada umumnya yaitu berupa ruam pada kulit (terutama bagian wajah) sehingga sulit untuk didiagnosa. Dan gejala penyakit lupus dari setiap penderitanya pun beragam, ada yang ringan dan bahkan sampai mengancam jiwa. Penyakit lupus memanglah tidak berbahaya, namun apabila tidak ditangani sesegera mungkin dengan obat lupus yang tepat maka akan berpotensi kematian.

Para penderita penyakit lupus, memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang beres dan terganggu. Sistem kekebalan tubuh ini merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi dalam bertempur melawan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit. Pada normalnya, sistem kekebalan tubuh manusia akan menghasilkan protein yang disebut antibodi yang melindungi dari serangan virus bakteri serta kuman.

Namun pada seseorang yang menderita lupus, sistem kekebalan tubuh yang dimilikinya tidak bisa membedakan antara penyerbu penyebab penyakit (kuman, virus dan bakteri) dengan jaringan sel-sel sehat yang ada didalam tubuh. Sehingga menciptakan auto antibodi yang menyebabkan peradangan, nyeri serta kerusakan di berbagai bagian tubuh. Penyebab munculnya penyakit Lupus ini hingga kini masih belum diketahui secara pasti “apa penyebab”nya. Karena penyebabnya belum jelas, para ahli belum bisa menemukan obatnya. Pengobatan hanya untuk mengurangi gejala dan peradangan, serta menjaga agar fungsi tubuh tetap normal.

Pemberian terapi dan obat bergantung bagian tubuh yang diserang dan tingkat keparahannya. Karena itu, pengobatan sangat beragam pada tiap individu. Obat bagi kebanyakan odapus antara lain jenis antiperadangan, kortikosteroid, asetaminofen, dan antimalaria.

Guna mengobati dan mencegah komplikasi berbahaya dari penyakit lupus, anda dapat menggunakan obat lupus atau dengan beberapa tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi penyakit lupus yang anda derita.

Dibawah ini merupakan beberapa pilihan tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi lupus:

  1. Kunyit

Alasan mendasar mengapa kunyit bisa membantu dalam Lupus adalah bahwa Lupus adalah penyakit inflamasi dan Kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit memiliki anti-inflamasi, antioksidan dan sifat anti bakteri.

Manfaat kunyit sebagai agen anti-inflamasi telah dipelajari secara ekstensif. Rempah-rempah telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat dan penelitian yang luas dilakukan dalam beberapa kali telah menemukan bahwa kurkumin – diferuloylmethane – adalah agen anti-inflamasi dalam kunyit.

Hal ini dapat mengatur faktor-faktor transkripsi banyak, molekul adhesi, protein kinase, enzim dan status redoks yang semua penyebab kondisi peradangan dalam tubuh. Oleh karena itu kurkumin tampaknya suplemen terapi menarik untuk digunakan dalam pengobatan penyakit kronis pro-inflamasi yang meliputi lupus, neurodegenerative, paru, jantung dan penyakit autoimun.

  1. Cabe Rawit

Tanaman pedas ini mengandung banyak vitamin C yang penting untuk energi bagi yang mengalami kelelahan kronis. tanaman ini memiliki kemampuan untuk membersihkan darah dari racun. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan penyakit lupus SLE.

Bau dan Rasa yang tajam dari cabe rawit membantu anda menghilangkan racun dalam tubuh dan membersihkan tubuh.

  1. Astragalus

Ramuan Herbal cina ini telah ditemukan sejak lama dalam mengatasi lupus. Astragalus berguna untuk mendukung dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Astragalus mengandung antioksidan yang melindungi sel terhadap kerusakan yang ditimbulkan dari penyakit lupus.

  1. Licorice

Licorice adalah ramuan herbal yang populer memiliki banyak senyawa, termasuk sifat anti-inflamasi. Asam Glycyrrhetic (GA) dan triterpen glycyrrhizin ditemukan di akar licorice, ada dua komponen utama yang memberikan licorice sifat anti-inflamasi.

Glycyrrhizin menghambat produksi prostaglandin yang berguna utuk menghentikan peradangan yang berhubungan dengan lupus. Akar licorice dapat digunakan untuk mengontrol masalah yang terkait dengan lupus.