Obat Sakit Lupus

Lupus adalah penyakit kronis autoimun dimana tubuh memproduksi antibodi yang menyerang organ tubuh sendiri. Ini berarti bahwa sistem pertahanan alami tubuh (sistem kekebalan) menyerang jaringan yang sehat, bukan hanya menyerang hal-hal yang sewajarnya diserang seperti bakteri dan virus. Karena ketidakwajaran autoimun ini maka akan menyebabkan peradangan. Meskipun beberapa orang dengan penyakit lupus ini hanya menunjukkan gejala ringan, penyakit ini berlangsung seumur hidup dan dapat menjadi parah. Tetapi kebanyakan orang dapat mengontrol gejala mereka dan mencegah kerusakan organ.

Para pasien yang menderita lupus harus berkomitmen seumur hidup untuk terus mengecek kesehatan ke dokter, cukup istirahat dan olahraga, dan mengkonsumsi obat lupus. Topik ini berfokus pada lupus eritematosus sistemik (SLE), jenis yang paling umum dan paling serius dari penyakit lupus. Tapi ada jenis lain dari lupus, seperti lupus diskoid atau lupus kulit, lupus sistemik yang diinduksi obat, dan lupus neonatal.

Penyebab pasti dari lupus tidak diketahui. Para ahli percaya bahwa beberapa orang dilahirkan dengan gen tertentu sehingga lebih berpotensi untuk memiliki penyakit lupus. Sejumlah hal lain dapat memicu serangan lupus meliputi infeksi virus dan paparan sinar matahari. Meskipun hal ini dapat memicu lupus, tidak semua orang yang dipicu hal tersebut akan mengalami lupus.

Untuk mengobati sakit ini, Anda dapat memilih obat sakit lupus berikut ini:

  1. Probiotik

Menjaga kesehatan pencernaan merupakan kunci untuk menghindari penyakit lupus. Pasien penyakit lupus biasanya akan mengalami kekurangan nutrisi, sehingga memilih makanan sehat menjadi keharusan.

Makanan yang mengandung probiotik bisa menadi pilihan, karena makanan seperti ini akan membantu pertumbuhan bakteri sehat dalam usus sehingga akan menghindari sitokin inflamasi tambahan untuk menyebar ke seluruh tubuh.

  1. Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa sangat banyak sekali bagi kesehatan, termasuk menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, menurunkan kolesterol, dan menghindari reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh seperti yang terjadi pada pasien lupus.

Jadi jelas, selain bermanfaat untuk kecantikan seperti rambut, kulit dan tubuh, minyak kelapa adalah obat yang sangat berkhasiat untuk penyakit lupus.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan ataupun pengobatan penyakit lupus. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi dalam minyak zaitun yang sangat melimpah.

Salah satu nutrisi yang paling menguntungkan adalah omega-3. Asam lemak ini berguna meringankan peradangan sehingga bisa membantu mengurangi efek dari penyakit lupus. Selain itu, untuk menghindari penyakit lupus, kamu juga dituntut untuk mengontrol kadar gula darah, dan minyak zaitun dapat membantu kamu melakukannya.

  1. Jahe

Jahe adalah obat tradisional untuk penderita arthritis dan nyeri sendi (serta puluhan kondisi kesehatan lainnya), oleh sebab itu jahe dapat digunakan sebagai salah satu obat alami untuk penyakit lupus karena salah satu gejala pertama dari penyakit ini adalah bengkak dan sakit sendi.

Dengan mengambil jahe sebagai obat tradisional penyakit lupus maka akan mengurangi beberapa gejala penyakit ini.

  1. Vitamin D

Sejumlah penelitian telah menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kadar vitamin D rendah dan terjadinya penyakit autoimun, termasuk lupus. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin D atau mendapatkan vitamin D dari matahari merupakan langkah yang sangat baik untuk menghindari dan mungkin juga mengatasi penyakit lupus.

  1. Teh Hijau

Tanaman ini bisa mengatasi penyakit lupus karena mengandung polyphenol yang mana dapat mengatasi bercak merah pada kulit penderita.