Obat Diabetes Archive

Daun Obat Gula Darah

Penyakit kencing manis atau yang biasa disebut diabetes melitus adalah sebuah penyakit yang timbul karena kadar glukosa dalam darah yang berlebihan, sehingga memicu terjadinya kelainan sistem insulin. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit dengan angka kematian tinggi selain penyakit jantung dan kanker. Karenanya pemahaman akan penyakit kencing manis sendiri perlu ditingkatkan, terutama yang berhubungan dengan gejala penyakit tersebut. Mungkin sebagian besar dari anda bertanya mengapa perlu memahami gejala diabetes dan mencari informasi obat diabetes yang tepat tersebut. Hal ini karena dengan memahami gejalanya, maka anda dapat lebih waspada terhadap kehadiran penyakit gula darah ini.

Berikut ini beberapa gejala kencing manis yang umumnya melekat pada penderita.

Sering Buang Air Kecil

Intensitas buang air kecil yang meningkat merupakan salah satu bentuk gejala diabetes melitus tipe 1. Namun perlu diingat bahwa gejala ini juga merupakan gejala diabetes melitus tipe 2. Artinya, penderita diabetes tipe 2 juga akan menemui gejala yang sama meskipun akar penyebab keduanya berbeda.

Mengapa intensitas buang air kecil meningkat? Perlu diingat bahwa ketika kadar gula dalam darah meningkat, tubuh akan secara otomatis merespon peningkatan tersebut dengan cara mengeluarkan kelebihan gula ke dalam urin. Sementara itu, ginjal sebagai organ yang berfungsi menyaring urin memiliki nilai batas ambang ginjal. Nilai batas ambang ginjal ini berhubungan dengan kemampuan ginjal dalam hal menahan kelebihan gula dalam darah. Dalam hal ini ginjal hanya mampu menahan kelebihan gula dalam darah jika kadar gula tidak melebihi 180 mg/dL. Jika lebih maka ginjal tidak akan mampu lagi menahan kelebihan gula yang ada.

Ketika ginjal sudah tidak mampu lagi menahan kelebihan gula dalam darah, maka secara otomatis kelebihan gula dalam darah akan masuk ke dalam urin. Dengan masuknya  gula ke dalam urin ini kemudian tubuh merespon dengan menarik lebih banyak cairan tubuh ke dalam urin. Tujuannya adalah untuk mengurangi kepekatan urin yang akan dikeluarkan. Inilah yang menyebabkan intensitas buang air kecil semakin meningkat.

Cara Mengobati Gula Darah

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang kehadirannya sering tidak disadari oleh penderitanya.  Sebagian besar dari kita tidak dapat mendiagnosa apakah kadar gula darah dalam tubuh kita normal atau tidak, kecuali melakukan tes secara medis. Banyak pula orang yang tidak paham apa saja gejala-gejala diabetes melitus yang harus diwaspadai dan yang paling penting adalah memilih obat diabetes yang tepat.

Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang pasti memiliki kebiasaan rutin yang dilakukan hampir setiap hari, namun terkadang tanpa sadar kebiasaan itu bisa menjadi sebuah penyakit karna dilakukan terus-menerus dan selama bertahun-tahun lamanya.

Salah satu cara yang efektif dalam mencegah penyakit diabetes melitus adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan diabetes melitus muncul.

Di bawah ini ada beberapa upaya yang bisa atau bahkan harus Anda lakukan untuk bisa mencegah atau terhindar dari penyakit diabetes.

  • Jaga kondisi mental spiritual Anda
  • Jauhkan dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah dalam agama. Kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan.
  • Lakukan aktivitas fisik secara rutin
  • Aktifitas fisik bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki dan lain sebagainya
  • Terapkan pola hidup sehat
  • Buatlah hidup Anda teratur dan terjadwal didalam menjalankan aktivitas kehidupan. Ketidak teraturan dalam pola¬† hidup akan sengat mempengaruhi kerja berbagai organ dan kelenjar
  • Terapkan pola makan yang baik dan sehat
  • Jaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang seperti makanan dengan tinggi lemak, makan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan

Berikut pengobatan secara medis dan tradisional yang dapat Anda lakukan :

1. Pengobatan Medis adalah pengobatan dengan disiplin kedokteran. Obat medis dapat dibagi dalam beberapa golongan:

– SulfonilureaULFONILUREA – Golongan ini dapat menurunkan kadar glukosa darah yang tinggi dengan cara merangsang keluarnya insulin dari sel b Pankreas.

– BiguanidIGUANID – Obat golongan biguanid bekerja dengan cara meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin yang diproduksi oleh tubuh sendiri.

– Acarbose – Acarbose bekerja dengan cara memperlambat proses pencernaan karbohidrat menjadi glukosa. Dengan demikian kadar glukosa darah setelah makan tidak meningkat tajam.

– Insulin – Insulin diinjeksikan sebagai obat untuk menutupi kekurangan insulin tubuh (endogen) karena kelenjar sel b pankreas tidak dapat mencukupi kebutuhan yang ada.

2. Pengobatan Tradisional – pengobatan dengan menggunakan bahan dari tanaman berkhasiat obat sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Secara umum paham ini disebut herbalisme, yaitu satu usaha memperbaiki fungsi tubuh dengan menggunakan bahan tumbuh-tumbuhan, baik berasal dari satu tumbuhan ataupun dari ramuan beberapa tumbuhan.

Diabetes Obat Herbal

Diabetes atau biasa orang indonesia menyebutnya dengan penyakit kencing manis, adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya insulin, hal ini dikarenakan karena tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin. Jika penyakit ini tidak segera di obati maka akan menimbulkan tanda tanda seperti turunnya berat badan. ciri ciri lainyya seperti penglihatan semakin kabur, luka sulit sembuh, sakit kepala dan gatal.

obat diabetesJika semakin diabaikan efek buruknya penyakit ini dapat menimbulkan resiko komplikasi penyakit yang cukup lama. Untuk itu nitips.com akan memberikan beberapa obat diabetes alami dari bahan tradisional alami yang bisa Anda buat di rumah.

Berikut beberapa obat diabetes yang bisa Anda manfaatkan:

1. Brotowali

Efek Farmakologi, Analgesik (menghilangkan rasa sakit), anti piretik (menurunkan panas)

Cara Penggunaan Brotowali untuk Diabetes:

6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong. Tambahkan sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas. Diminum setelah makan.

Kenapa brotowali bisa jadi obat diabetes alami? Batang brotowali mempunyai rasa yang sangat pahit bersifat menyejukkan, dan dari hasil penelitian secara invitro bahwa air ekstrak batang brotowali memiliki efek hipoglikemik, yaitu menurunkan gula darah. Hasil penurunan gula darah yang nyata mulai terlihat sekitar 2-3 jam setelah pemberian ekstrak air batang brotowali.

Maka itu banyak obat-obat herbal diabetes yang menggunakan ekstrak batang brotowali sebagai komposisi obat herbal.

2. Biji alpukat

Alpukat memiliki unsur asam lemak tak jenuh sebagaimana juga pada buah zaitun, dan minyak zaitun. Dan Alppukan terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes karena kandungan asam lemaknya. Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah.

Cara membuat minuman sari biji alpokat sbb:

– Biji buah alpukat secukupnya (1 buah saja)

– 2 gelas air

– Ambil biji alpukat dan panggang di atas ap kurang lrbih 5 menit lalu biji alpokat menjadi tidak keras i, Setelah itu potong kecil-kecil

Diabetes Dan Pengobatannya

Penyakit diabetes atau orang indonesia biasa menyebutnya dengan kencing manis merupakan sebuah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh. Banyak penyebab dan faktor yang membuat penyakit ini muncul diantaranya dari pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini cukup berbahaya jika semakin lama diabaikan, pasalnya penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi penyakit dan harus mendapatkan obat diabetes yang tepat.

Untuk itu agar Anda bisa terhindar dan mengatasi penyakit kencing manis, sebaiknya ketahui penyebab kencing manis serta gejala yang di timbulkan

Berikut Gejala Diabetes:

1. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil juga akan dialami penderita diabetes, jika hal ini sering terjadi tidak ada salahnya Anda segera periksakan gejala awal ini untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

2. Luka sulit sembuh

Dalam proses penyembuhan luka akan sulit bagi penderita diabetes, kadar gula darah yang berlebih akan menyerang kekebalan tubuh dan membuat sistem imun menjadi tidak normal, sehingga akan memakan waktu yang sangat lama untuk proses penyembuhan luka.

3. Timbul penyakit kulit

Pada penderita diabetes akan mengalami disfungsional pada kelenjar keringat yang sangat berpengaruh pada sirkulasi darah. sehingga akan menimbulkan penyakit kulit seperti gatal, kulit bersisik, dan iritasi. Namun ciri ciri seperti ini belum bisa dipastikan menjadi penyebab gejala diabetes

4. Berat badan semakin turun

Jika Anda mengalami penurunan berat badan yang cukup cepat dan signifikan, kemungkinan hal ini menjadi tanda awal penyakit diabetes. sebab turunnya berat badan sangat erat kaitannya dengan diabetes, hal ini dikarenakan glukosa tidak bisa di serap oleh tubuh.

5. Meningkatnya nafsu makan

Ciri ciri diabetes selanjutnya dapat di lihat dari nafsu makan yang kian bertambah, agar fungsi sel dapat bekerja dengan baik, sehingga dibutuhkan asupan glukosa lebih banyak yang bersumber dari makanan. Akan tetapi makanan yang sudah ditelan tidak mampu masuk ke sel tubuh untuk proses metabolisme, itulah sebabnya mengapa perasaan lapar sering muncul.

Obat Diabetes

Penyakit diabetes melitus atau yang biasa disebut kencing manis terjadi ketika kadar gula darah melebihi batas normal. Hal ini disebabkan karena tidak adanya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, insulin ini berfungsi sebagai pengubah glukosa menjadi energi. Jika hormon insulin ini tidak ada maka kadar glukosa atau kadar gula dalam darah terus meningkat, dan terjadilah penyakit diabetes (kencing manis).

Banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit diabetes melitus, diantaranya adalah faktor keturunan, obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol, cara hidup dan pola makan yang tidak sehat serta akibat kerusakan sel lainnya seperti kerusakan pankreas.

Meski diabetes tidak bisa disembuhkan, pendeteksian sejak dini memungkinkan kadar gula darah penderita diabetes bisa dikendalikan. Tujuan obat diabetes adalah untuk memertahankan keseimbangan kadar gula darah dan meminimalisasi risiko komplikasi. Berikut penjelasan mendetail mengenai penanganan diabetes yang umumnya dianjurkan.

Memulai Gaya Hidup yang Sehat

Ini merupakan penanganan awal bagi penderita diabetes tipe 2 sekaligus membantu proses pengobatan dan mencegah komplikasi. Langkah-langkah sederhana tersebut dapat berupa:

– Menerapkan pola makan yang sehat, misalnya meningkatkan konsumsi makanan kaya serat, menghindari makanan berlemak atau berkadar gula tinggi.

– Teratur berolahraga, setidaknya selama 2,5 jam dalam seminggu.

– Menurunkan berat badan, khususnya bagi yang mengalami kegemukan atau obesitas (indeks berat badan 30 atau lebih).

– Berhenti merokok karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada pengidap diabetes.

– Membatasi atau berhenti mengonsumsi minuman beralkohol. Kandungan alkohol dalam minuman keras dapat mempertinggi risiko hiperglikemia dan hipoglikemia. Jangan mengonsumsi minuman beralkohol pada saat perut kosong.

– Menjaga kondisi kaki. Borok pada kaki merupakan komplikasi yang umum dialami oleh penderita diabetes tipe 2. Karena itu, jagalah kondisi kaki Anda dan waspadai luka yang tidak kunjung sembuh.

Cara Mengobati Diabetes Secara Tradisional

Diabetes melitus adalah penyakit berupa kelainan metabolik yang mengakibatkan tubuh tidak mampu mengendalikan kadar glukosa dalam darah, sehingga kadar glukosa darah mengalami peningkatan (hiperglikemia) secara berkepanjangan (kronik).

Kadar glukosa darah tersebut meningkat akibat dari ketidakmampuan organ tubuh (pankreas) untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif.

Diabetes melitus adalah penyakit berupa kelainan metabolik yang mengakibatkan tubuh tidak mampu mengendalikan kadar glukosa dalam darah, sehingga kadar glukosa darah mengalami peningkatan (hiperglikemia) secara berkepanjangan (kronik).

Kadar glukosa darah tersebut meningkat akibat dari ketidakmampuan organ tubuh (pankreas) untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif.

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

– Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

– Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti dari nasi atau roti.

– Kurang melakukan aktivitas fisik atau kurang berolahraga.

– Kekurangan tidur atau banyak bergadang.

– Terlalu banyak merokok.

Dari faktor-faktor penyebab diabetes melitus diatas kita dapat menyimpulkan bagaimana cara mencegah penyakit diabetes melitus tersebut atau meminimalisir resiko terkena penyakit diabetes melitus dengan cara menghindari faktor-faktor diatas serta memperbaiki pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat lagi agar dapat terhindar dari resiko terkena serangan diabetes melitus, bahkan untuk orang yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes melitus pun dapat terhindar dari resiko terkena serang diabetes melitus ini, asalkan dapat merubah dan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat lagi serta rajin berolah raga.

Dan apabila terkena penyakit ini berikut kami akan membagikan beberapa cara obat diabetes melitus, silahkan simak berikut ini:

Cara Mengobati Diabetes Kering Secara Tradisional

Penyakit gula dari diabetes ini tak bisa dipungkiri menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup ditakuti, karena risiko terburuknya adalah kematian. Jika tak kunjung mendapatkan penanganan khusus, seorang penderita penyakit gula juga dikhawatirkan akan mengalami banyak gejala atau ciri penyakit yang sangat menggaggu kenyamanan. Bahkan jika dibiarkan, penyakit tersebut bisa semakin parah dan semakin menggerogoti kesehatan penderitanya.

Penyakit ini biasa disebut dengan kencing manis atau penyakit gula. Untuk mengobati dengan cara alami yang perlu kita lakukan hanyalah menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam. Kami akan mencoba menerangkan apa saja bahan obat diabetes tersebut secara ringkas dan jelas, sebab biasanya orang yang memiliki penyakit kencing manis akan sulit di obati dengan metode apapun.

Tapi tenang, kamu bisa mencoba berbagai cara yang saya anjurkan karena sudah sesuai dengan kaedah kedokteran. Obat Diabetes alami mudah kita dapatkan karena mudah dijumpai dimana saja seperti dipasar ataupun toko-toko sayur.

Namun, kamu harus tetap melihat faktor kesegaran dari setiap buah atau sayur tersebut ya. Berikut ini adalah jenis buah / sayur / daun yang mampu mengobati penyakit kencing manis atau diabetes ini:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk penderita diabetes. Ikan salmon juga sangat baik untuk mengatasi masalah pada pembuluh darah sehingga bisa mengatasi peradangan. Selain itu, ikan ini juga baik untuk mengatasi masalah stroke dan serangan jantung.

Salah satu cara memanfaatkan ikan salmon untuk cara mengobati diabetes adalah hindari memasak ikan dengan cara menggoreng. Lebih baik jika olahan ikan dengan dipanggang atau di kukus.

2. Blueberry

Buah blueberryi memang tidak mudah didapatkan. Buah ini bisa ditemukan di toko buah khusus dan menjadi salah satu buah impor. Khasiat blueberry untuk mengatasi diabetes adalah karena makanan kaya serat larut yang bisa mengontrol lemak dan meningkatkan efek tubuh yang baik terhadap pengaturan kadar gula darah.