Obat Lupus Archive

Obat Penyembuh Penyakit Lupus

Obat Penyembuh Penyakit Lupus. Penyakit Lupus adalah salah satu bentuk penyakit autoimun, artinya sistem kekabalan tubuh (imun) malah menyerang sel-sel, jaringan dan organ sehat tubuh itu sendiri yang terjadi terus menerus sehingga menimbulkan peradangan kronis. Dengan kata lain Penyakit lupus diartikan sebagai penyakit peradangan kronis autoimun. Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat mempengaruhi banyak sistem tubuh diantaranya: sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung dan paru-paru sehingga menimbulkan banyak sekali gejala atau manifestasi klinis yang beragam.

Oleh karena itu Penyakit Lupus ini sulit dideteksi karena tanda-tanda dan gejala sering kali mirip dengan penyakit lain. Namun demikian tanda dan gejala penyakit lupus yang paling khas adalah ruam wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu (ruam di kedua pipi) disebut juga sebagai malar rash. Beberapa orang dilahirkan dengan kecenderungan mengembangkan penyakit lupus, yang mungkin dipicu oleh infeksi, obat lupus tertentu atau bahkan sinar matahari. Meskipun tidak ada obat definitif untuk menyembuhkan penyakit lupus, namun usaha pengobatan dapat membantu mengendalikan gejala penyakit lupus yang timbul.

Lupus adalah penyakit autoimun yang muncul ketika tubuh terkena zat asing tertentu, seperti bakteri dan virus, kemudian sistem imun tersebut juga menyerang jaringan tubuh yang sehat. Hal ini menyebabkan peradangan dan kerusakan berbagai bagian tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah dan otak.

Dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan penyakit ini. Lupus seperti merupakan kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Banyak dari mereka dengan kecenderungan turunan mengalami lupus hanyak ketika mereka terkena sesuatu di dalam lingkungan yang dapat memicu lupus, seperti obat atau virus.

Berkut obat penyembuh penyakit lupus:

  1. Obat obat antimalaria yang digunakan untuk mencegah atau mengobati malaria digunakan untuk mengobati nyeri sendi, ruam kulit, dan bisul. Dua antimalarial umum adalah hydroxychloroquine (Plaquenil) dan chloroquine (Aralen). Efek samping dari obat antimalaria dapat termasuk sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, kesulitan tidur, dan gatal-gatal.
  2. Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID). NSAID sering digunakan untuk mengurangi nyeri sendi dan otot dan peradangan pada orang yang memiliki lupus ringan (sakit bukanlah buruk atau organ yang tidak terpengaruh).

Ada berbagai jenis NSAID, baik obat resep dan over-the-counter obat. Mereka termasuk aspirin, ibuprofen, naproxen, dan obat-obatan lainnya. Efek samping yang umum dari NSAID dapat termasuk sakit perut, mulas, mengantuk, sakit kepala, dan retensi cairan.

Obat Penyembuhan Lupus

Obat Penyembuhan Lupus. Penyakit Lupus adalah salah satu penyakit yang diklaim merupakan salah satu penyakit paling mematikan dan setara dengan kanker dan HIV Aids. Penyakit yang membutuhkan proses penyembuhan yang lama dan penyembuhan lupus tergolong juga mahal karena membutuhkan obat lupus impor. Penyakit ini ditandai dengan adanya rasa sakit yang teramat sangat didalam dada sehingga bernafaspun terasa sakit. Bila sudah demikian maka penyembuhan lupus harus segera dilakukan karena pada dasarnya Lupus adalah suatu penyakit karena imun tubuh yang terlalu tinggi sehingga justru menyerang organ-organ tubuh kita sendiri dan merusaknya.

Bayangkan jika hati, jantung dan ginjal kita serta paru-paru rusak karena serangan Lupus. Ciri penyakit Lupus yang harus segera mendapat tindakan penyembuhan lupus adalah merah-merah dikulit dan mudah terbakar saat terkena sinar matahari. Badan menjadi lemah, pusing, dan kurang darah karena sel darah merah hancur karena imun yang terlalu tinggi.

Selain itu penyembuhan lupus akan sangat sulit dilakukan jika penderita Lupus sudah hampir hampir habis sel darah merahnya karena semua obat-obatan dihantarkan keseluruh tubuh melalui sel darah merah. Bila sudah menyerang saraf otak, ginjal, hati, dan paru-paru maka penyembuhan lupus bisa dikatakan mustahil.

Penyembuhan alami untuk lupus yang bisa Anda pilih sebagai solusi pengobatan alternatif lupus yang efektif:

  1. Anti Inflamasi Diet untuk Menyembuhkan Gangguan Usus

Penelitian menunjukkan diet yang sehat menjadi cara penting untuk mengelola lupus karena dapat membantu mengendalikan peradangan yang berasal dari kesehatan usus yang buruk, mengurangi resiko komplikasi seperti penyakit jantung, membantu membangun kekuatan dan energi, dan mengurangi efek samping dari obat-obatan.

Makanan yang Baik untuk Penderita Lupus Meliputi:

– Sayuran mentah, dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan pencernaan.

– Makanan organik, membantu mengurangi paparan aditif sintetis, racun atau pestisida dalam makanan non-organik.

– Kaldu tulang, dapat mengurangi gejala autoimun dan inflamasi yang berkaitan dengan lupus. Mengkonsumsi delapan sampai 16 ons kaldu tulang setiap hari sebagai minuman atau sebagai bagian dari sup.

Obat Generik Untuk Lupus

Obat Generik Untuk Lupus. Lupus merupakan saat tubuhnya menjadi alergi pada dirinya sendiri , Hal ini disebabkan penderita penyakit ini pada umumnya memiliki butterfly rash atau ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi yang serupa di pipi Serigala, tetapi berwarna putih. Penyakit ini dalam ilmu kedokteran disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE), yaitu ketika penyakit ini sudah menyerang seluruh tubuh atau sistem internal manusia. Dalam ilmu imunologi atau kekebalan tubuh, penyakit ini adalah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS.

Pada obat Lupus, tubuh menjadi overacting terhadap rangsangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak antibodi atau semacam protein yang malah ditujukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri. Dengan demikian, Lupus disebut sebagai autoimmune disease (penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan).

Ada 3 Jenis Bentuk Lupus di antara nya:

– persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak, dan syaraf.

– Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang menyerang organ tubuh seperti kulit,

– Cutaneus Lupus, seringkali disebut discoid yang memengaruhi kulit.

– Drug Induced Lupus(DIL), timbul karena menggunakan obat-obatan tertentu.

Secara medis lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE) sulit untuk disembuhkan. Pengobatannya lebih ditujukan untuk mengurangi tingkat gejala serta mencegah kerusakan organ pada penderita SLE.

Beberapa puluh tahun yang lalu, SLE dipandang sebagai penyakit terminal yang berujung kepada kematian. Ketakutan ini disebabkan oleh banyaknya penderita pada saat itu yang meninggal dunia akibat komplikasi dalam kurun waktu 10 tahun setelah didiagnosis mengidap SLE.

Pada zaman sekarang sudah jauh lebih baik, berkat pengobatan SLE yang terus berkembang, hampir semua penderita SLE saat ini dapat hidup normal atau setidaknya mendekati tahap normal.

Menghindari paparan sinar matahari

Ruam pada kulit yang dialami penderita SLE dapat bertambah parah jika terpapar sinar matahari. Langkah yang dapat dilakukan adalah:

Obat Untuk Lupus

Obat Untuk Lupus. Penyakit Lupus adalah salah satu bentuk penyakit autoimun, artinya sistem kekabalan tubuh (imun) malah menyerang sel-sel, jaringan dan organ sehat tubuh itu sendiri yang terjadi terus menerus sehingga menimbulkan peradangan kronis. Dengan kata lain Penyakit lupus diartikan sebagai penyakit peradangan kronis autoimun. Gejalanya kerap mirip dengan penyakit lain sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejala lupus sangat beragam. Ada yang ringan dan ada yang bahkan mengancam jiwa. Penyakit ini memang tidak menular, tapi bisa berbahaya dan bahkan berpotensi mematikan. Gejala umumnya adalah ruam kulit, kelelahan, sakit dan pembengkakan pada sendi.

Penyebab pasti penyakit lupus belum diketahui pasti. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa faktor gen berperan penting, tetapi itu bukanlah satu-satunya. Misalnya, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sinar matahari dan obat lupus turut memicu penyakit lupus. Penderita lupus di dunia dipercaya mencapai lima juta jiwa. Penyakit ini kebanyakan menyerang wanita pada usia 15-50 tahun (usia masa produktif). Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa lupus juga dapat menyerang anak-anak dan pria.

Menurut data dari Yayasan Lupus Indonesia (YLI), jumlah penderita lupus di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 12.700 jiwa. Jumlah ini kemudian meningkat menjadi 13.300 jiwa pada tahun 2013.

Meskipun gejala penyakit ini bervariasi, ada tiga gejala utama yang umumnya selalu muncul, yaitu:

– Rasa lelah yang ekstrem

Inilah yang paling sering dikeluhkan oleh para penderita. Rasa lelah yang ekstrem sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Banyak penderita yang menyatakan bahwa gejala ini merupakan dampak negatif terbesar dari SLE dalam kehidupan mereka. Rasa lelah yang ekstrem tetap muncul bahkan setelah penderita cukup beristirahat.

– Ruam pada kulit

Ciri khas SLE adalah ruam yang menyebar pada batang hidung dan kedua pipi. Gejala ini dikenal dengan istilah ruam kupu-kupu (butterfly rash) karena bentuknya yang mirip sayap kupu-kupu.

Apa Obat Sakit Lupus

Apa Obat Sakit Lupus. Penyakit lupus sulit untuk didiagnosa karena gejalanya yang mirip dengan penyakit umum lainnya. Penyakit Lupus bukan penyakit yang disebabkan oleh kuman, virus atau bakteri. Faktor penyebab penyakit obat lupus kemungkinan besar adalah Keterlibatan faktor genetik, hormon, dan lingkungan. Pengobatan dari penyakit lupus ini masih belum diketahui dengan pasti, Gejala awal yang dialami orang yang terkena penyakit lupus, biasanya sakit pada sendi dan tulang, pasien juga mengalami demam yang panjang, dan juga pasien akan mengalami rasa cepat lelah.

Untuk gejala penyakit lupus pada tahap berikutnya, diantaranya pasien akan mengalami bercak merah, pasien mengalami kejang, sakit kepala, bahkan pasien bisa mengalami stroke bila terkena penyakit lupus ini, dan pasien juga akan mengalami keguguran pada ibu hamil.

Jenis-jenis Penyakit Lupus

  1. Drug-induced lupus

Jenis ini sangat jarang muncul dan sesuai namanya, jenis ini biasanya terjadi karena pengaruh obat jangka panjang. Laki-laki cenderung mengalami lupus ini daripada wanita. Cara pengobatannya bisa menggunakan obat hipertensi berupa hydralazine, dan procainamide untuk mengobati penyakit jantung.

  1. Neonatal lupus

Jenis ini juga jarang terjadi, namun bisa terjadi pada ibu hamil yang kemudian menurunkan antibodi lupus kepada anak-anak mereka ketika lahir. Bayi yang terserang lupus biasanya menimbulkan gejala anemia dan ruam kulit. Hal ini bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

  1. Lupus anak-anak

Lupus sistemik bisa menyerang anak-anak dan disebut lupus anak-anak. Meski memang gejala mirip sekali dengan lupus sistemik, namun kebanyakan yang mengalaminya adalah anak laki-laki dan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

  1. Cutaneous lupus

Jenis lupus cutaneous adalah diskoid, yang paling umum dan dikenali dari gejala kemerahan, tebal, ruam bersisik pada kulit leher, wajah dan kulit kepala. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari, namun ada juga yang bertahan hingga bertahun-tahun. Setelah lupus hilang, akan meninggalkan bekas pada ruam.

  1. Lupus sistemik

Ini adalah jenis lupus yang paling sering muncul yang dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh. Gejala yang ditimbulkan bisa ringan namun bisa juga berat dan hilang datang begitu saja seperti misalnya demam, nyeri sendi, rambut rontok dan ruam kemerahan saat terkena sinar matahari.

Obat Untuk Mengobati Penyakit Lupus

Obat Untuk Mengobati Penyakit Lupus. Lupus merupakan kondisi autoimun dimana akan terjadi inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, seperti kulit, sendi, sel darah, paru-paru, dan jantung. Penyebab kondisi autoimun pada lupus belum diketahui. Ada yang beranggapan bahwa pemicu dan penyebab munculnya penyakit lupus pada beberapa orang karena pengaruh faktor genetik dan lingkungan. Penyakit ini kebanyakan menyerang wanita pada usia 15-50 tahun (usia produktif) daripada pria dengan perbandingan 9:1. Dan obat lupus juga dapat menyerang anak-anak.

Penyakit lupus terbagi dalam beberapa tipe, yaitu:

– Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE).

– Lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE).

– Lupus akibat penggunaan obat-obatan.

Gejala lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE) kerap mirip dengan penyakit lain yang sangat umum sehingga sulit untuk didiagnosis. Selain itu, gejala yang dialami tiap penderita juga berbeda dan terkadang tidak konsisten. Ada penderita yang mungkin hanya merasakan gejala ringan untuk beberapa waktu atau tiba-tiba bertambah parah pada saat-saat tertentu.

Beberapa yang digunakan untuk mendiagnosis lupus, diantaranya:

– Tes Darah. Ada beberapa jenis tes darah yang biasanya dianjurkan, kombinasi dari beberapa hasil tes tersebutlah yang dapat membantu mengonfirmasi diagnosis SLE.

– Tes antibodi anti-nuklir (anti-nuclear antibody/ANA). Tujuannya untuk memeriksa keberadaan sel antibodi anti-nuklir dalam darah. Jenis antibodi ini merupakan ciri utama SLE. Sekitar 95% penderita SLE memiliki antibodi ini. Tetapi hasil yang positif tidak selalu berarti mengidap SLE, jadi tes antibodi anti-nuklir tidak bisa dijadikan patokan untuk penyakit ini.

– Tes antibodi anti-DNA. Adanya antibodi anti-DNA dalam darah akan meningkatkan risiko Anda terkena SLE. Jumlah antibodi anti-DNA akan meningkat saat SLE bertambah aktif. Tetapi orang-orang yang tidak menderita SLE juga dapat memiliki antibodi ini.

Obat Medis Untuk Lupus

Obat Medis Untuk Lupus. Lupus merupakan salah satu jenis penyakit inflamasi kronis yang muncul karena sistem kekebalan tubuh keliru dan justru melakukan penyerangan terhadap tubuh serta organ tubuh penderitanya. Inflamasi yang ditimbulkan oleh penyakit lupus dapat menyerang beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, darah, paru-paru, dan juga jantung. Penyakit lupus juga sering disebut dengan lupus eritematosus sistemik. Penyakit autoimun adalah kondisi yang sering digunakan untuk menggambarkan penderita penyakit lupus. Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari berbagai penyakit justru melakukan penyerangan terhadap tubuh penderita lupus. Pada umunya, penyakit lupus disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga genetik.

Gejala-gejala penyakit lupus hampir menyerupai gejala penyakit lain sehingga penyakit lupus seringkali sulit untuk dideteksi. Berdasarkan penelitian, penyakit lupus tidak bisa benar-benar disembuhkan, namun beberapa jenis obat lupus bisa diberikan kepada penderita penyakit ini dengan tujuan untuk mengendalikan laju penyakit tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit lupus adalah jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Penderita penyakit lupus yang melakukan pengobatan biasanya hanya berguna untuk memperlambat laju penyakit tersebut, mencegah gejala, dan juga mencegah terjadinya komplikasi terhadap penyakit lainnya.

Adapun beberapa tindakan pengobatan yang bisa dilakukan terhadap penderita penyakit lupus adalah:

  1. Obat Anti Inflamasi Nonsteroid

Pengobatan lupus SLE dengan obat anti inflamasi nonsteroid. Nyeri sendi atau otot merupakan salah satu gejala utama SLE. Dokter mungkin akan memberi obat anti inflamasi nonsteroid untuk mengurangi gejala ini.

Obat anti inflamasi nonsteroid adalah pereda sakit yang dapat mengurangi inflamasi yang terjadi pada tubuh. Jenis obat yang umumnya diberikan dokter pada penderita SLE meliputi ibuprofen, naproxen, diclofenac, dan piroxicam.

Pengobatan lupus SLE, Jenis obat ini (terutama, ibuprofen) sudah dijual bebas dan dapat mengobati nyeri sendi atau otot yang ringan. Tetapi Anda membutuhkan obat dengan resep dokter jika mengalami nyeri sendi atau otot yang lebih parah.